Perlu diketahui, ini dia sembilan gaya kepemimpinan terbaik yang ada dalam organisasi

Situsartikel92.com - Sudah menjadi aturan mutlak bahwa seorang pemimpin harus memiliki gaya kepemimpinan yang baik agar dapat menjadi panutan bagi bawahannya.

Bagaimanapun, seorang pemimpin adalah seseorang yang bertindak sebagai pemimpin suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mampu memberikan dampak positif bagi pekerjaannya dan timnya. Sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki gaya kepemimpinan yang baik dan benar.

Gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan seorang pemimpin untuk mempengaruhi pengikutnya. Menurut Thoha (1995) yang dikutip oleh wikipedia.com, gaya kepemimpinan adalah pola perilaku khas seorang pemimpin ketika mempengaruhi bawahan, apa yang dipilih seorang pemimpin untuk dilakukan, dan bagaimana seorang pemimpin mempengaruhi anggota tim untuk membentuk gaya kepemimpinannya.

Untuk memahami gaya kepemimpinan, setidaknya dapat dipelajari tiga pendekatan utama, yaitu pendekatan sifat, pendekatan perilaku, dan pendekatan situasional.

Contoh Gaya Kepemimpinan

Bagi calon pemimpin Anda, berikut beberapa gaya kepemimpinan yang harus dimiliki pemimpin untuk membangun organisasi terbaik. Datang dan lihat!

1. Kepemimpinan Perwakilan

Gaya kepemimpinan ini sering disebut sebagai laissez-faire, dimana pemimpin memberikan kebebasan mutlak kepada anggotanya untuk mencapai tujuan dan caranya. Pemimpin cenderung membiarkan semua orang dalam tim membuat keputusan, yang terkadang dapat menyebabkan moral tim rendah.

2. Kepemimpinan Birokrasi

Gaya kepemimpinan ini biasa diterapkan dalam sebuah perusahaan dan efektif jika setiap karyawan mengikuti setiap proses dan melakukan tanggung jawab mereka sehari-hari. Meskipun demikian, dalam gaya kepemimpinan ini, tidak ada ruang bagi anggota untuk berinovasi, karena semuanya berjalan sesuai prosedur dan harus diikuti di setiap level.

3. Kepemimpinan Otoriter

Pemimpin sangat dominan dalam setiap keputusan, setiap kebijakan, peraturan, prosedur berasal dari ide-idenya sendiri. Jenis kepemimpinan ini memusatkan kekuasaan pada dirinya sendiri. Ini membatasi inisiatif dan pemikiran anggotanya. Pemimpin otoriter tidak fokus pada kebutuhan bawahan dan cenderung berkomunikasi satu arah, dari atas (pemimpin) ke bawah (anggota). Jenis kepemimpinan ini sering ditemukan di akademi militer dan kepolisian.

4. Kepemimpinan Partisipatif

Dalam gaya kepemimpinan partisipatif, ide dapat mengalir dari lapisan bawah (anggota) karena posisi pengendalian pemecahan masalah dan pengambilan keputusan bergantian. Pemimpin memberikan ruang bawahan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dan ada suasana yang bersahabat dan saling percaya antara pemimpin dan anggota.

Jenis kepemimpinan ini bisa sangat merugikan jika anggota tidak cukup dewasa untuk melakukan tugas mereka dan tidak cukup termotivasi untuk bekerja. Sebaliknya, jika karyawan perusahaan bertentangan dengan apa yang dikatakan sebelumnya, itu bisa menjadi bumerang perusahaan.

5. Kepemimpinan Transaksional

Jenis kepemimpinan ini cenderung memiliki perilaku transaksional antara pemimpin dan bawahan, dan pemimpin memberi penghargaan kepada bawahan ketika mereka berhasil melakukan tugas sesuai kesepakatan. Pemimpin dan pengikut memiliki tujuan, kebutuhan, dan minat mereka sendiri.

6. Kepemimpinan Transformasional

Gaya kepemimpinan transformasional dapat menginspirasi perubahan positif pada pengikut (anggota). Tipe pemimpin ini memberikan perhatian dan terlibat langsung dalam proses, termasuk membantu anggota tim menyelesaikan tugas mereka dengan sukses.

Pemimpin cenderung memiliki semangat yang positif terhadap bawahannya, sehingga sikap positif tersebut dapat mempengaruhi bawahannya menjadi lebih energik. Seorang pemimpin akan sangat memperhatikan kesejahteraan dan kemajuan setiap bawahannya.

7. Kepemimpinan Pelayan

Hubungan yang terjalin antara pemimpin yang melayani dan anggota berorientasi pada pelayanan dan memiliki standar spiritual dan moral. Kepemimpinan yang melayani menempatkan kebutuhan, kepentingan, dan aspirasi anggota di atas kepentingan pribadi.

8. Kepemimpinan Karismatik

Pemimpin karismatik memiliki pengaruh yang kuat pada pengikut karena mereka menampilkan karisma dan kepercayaan diri. Pengikut cenderung mengikuti pemimpin karismatik karena kekaguman dan kepercayaan emosional dan ingin berkontribusi bersama mereka. Karisma ini berasal dari setiap kemampuan menawan yang dia miliki, terutama dalam hal meyakinkan setiap anggotanya untuk mengikuti setiap arah yang dia inginkan.

9. Kepemimpinan Situasional

Pemimpin yang menerapkan kepemimpinan situasional ini lebih sering menyesuaikan setiap gaya kepemimpinan yang ada dengan tahap perkembangan anggota, sejauh mana anggota siap untuk melakukan tugas masing-masing. Gaya kepemimpinan situasional berusaha mengintegrasikan proses kepemimpinan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Sifat Pemimpin

Beberapa ciri yang sering melekat pada diri pemimpin antara lain:

  • Kecerdasan: Kemampuan yang lebih besar untuk berbicara, menafsirkan, dan bernalar daripada anggota yang dipimpin.
  • Kepercayaan diri: Keyakinan pada kemampuan dan keahlian seseorang.
  • Determinasi: Keinginan untuk menyelesaikan pekerjaan, termasuk sifat-sifat seperti inisiatif, ketekunan, pengaruh, dan kecenderungan mengemudi.

  • Integritas: Kualitas anggota yang jujur ​​dan dapat dipercaya.

  • Keterampilan Sosial: Pemimpin cenderung membangun hubungan yang menyenangkan, ramah, bersahabat, sopan, halus, dan diplomatis. Menunjukkan kepekaan terhadap kebutuhan orang lain dan kepedulian terhadap kehidupan mereka.

Teori Kepemimpinan

Selain gaya dan karakter, tentunya ada teori kepemimpinan yang harus dikembangkan dari seorang pemimpin, antara lain sebagai berikut:

  • Teori genetik: menunjukkan bahwa para pemimpin dilahirkan dengan bakat terpendam.
  • Teori sosial: menunjukkan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin melalui pelatihan, kesempatan, dan pendidikan.
  • Teori ekologi: Teori ini merupakan gabungan dari dua teori di atas.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs https://www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar