Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah Format Dua Lembar


Situsartikel92.com, Pada dasarnya setiap sekolah pasti memiliki urusan yang berkaitan dengan persuratan, makanya setiap Sekolah pasti memiliki tenaga administrasi atau seseorang yang bertanggung jawab dalam menjalankan pengadministrasian sekolah. Salah satu kegiatan ini merupakan hal yang terpenting dalam Sekolah.

Setiap peserta didik berhak melakukan pengajuan pindah sekolah, alasan yang di ajukan pun harus bersifat mendesak seperti Ikut Orang Tua Pindah, Bencana Alam, Pindah Rumah, dan lain-lain yang bisa di pertanggungjawabkan.

Sebelum melakukan pengajuan pindah sekolah, sebaiknya orang tua peserta didik mempertimbangkan dengan matang terkait pengajuan tersebut. Di sisi lain pengurusan yang agak ribet serta prosedurnya yang berliku-liku kadang membuat para orang tua merasa capek.

Sebelum sekolah lama memberikan surat keterangan pindah, biasanya sekolah lama memastikan sekolah baru siap menerima peserta didik tersebut dengan di buktikan "Surat Keterangan Siap Menerima Siswa Pindahan". Barulah sekolah lama bisa membuatkan "Surat Keterangan Pindah Sekolah" dengan berdasar pada surat siap menerima dari sekolah baru. Hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa peserta didik tidak putus sekolah.

Berikut alur mutasi/pindah sekolah bagi peserta didik, sebagai berikut :

  • Orang tua terlebih dahulu memastikan sekolah baru siap menerima anak Anda untuk bersekolah di sekolah tersebut dengan bukti "Surat Keterangan Siap Menerima Siswa Pindahan".

  • Orang tua memberikan surat tersebut kepada pihak sekolah lama agar segera di buatkan "Surat Keterangan Pindah Sekolah". Surat ini akan di buat sebanyak 3 rangkap, dimana masing-masing rangkap memiliki tujuan seperti : a. Sebagai arsip sekolah, b. Di berikan ke Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan surat rekomendasi yang menyatakan bahwa benar peserta didik tersebut telah pindah/mutasi dari sekolah lama.

  • Orang tua menyerahkan surat tersebut ke masing-masing penerima. Kemudian orang tua siswa memberikan bukti potongan data sekolah baru yang telah menerima peserta didik tersebut. Jika sekolah yang di tuju lintas Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi maka potongan surat tersebut bisa di kirim berupa foto saja.

  • Kemudian sekolah lama melakukan mutasi siswa melalui dapodik, kemudian sinkronisasi jika selesai sekolah lama bisa mencetak surat keterangan pindah dari web sp.datadik.kemdikbud.go.id.

  • Sekolah baru melakukan tarik data peserta didik lalu melakukan sinkronisasi dapodik. Jika peserta didik sudah terdapat dalam aplikasi dapodik sekolah baru maka proses pindah sekolahnya sudah selesai.

Dari pernyataan di atas terdapat 3 contoh dokumen yang harus di siapkan jika melakukan pindah/mutasi peserta didik. Berikut link unduh masing-masing surat.

Unduh File :


  • Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah >>>>>>>>>>>>>>>> Download

  • Contoh Surat Permohonan Orang Tua >>>>>>>>>>>>>>>>>>> Download
  • Contoh Surat Siap Menerima Siswa Pindahan >>>>>>>>>>>>> Download

Hal yang paling penting dalam melakukan pindah/mutasi peserta didik adalah dapodik, meskipun sudah memiliki surat pindah/mutasi, jika sekolah lama belum mengeluarkan data siswa tersebut dari dapodik sama saja belum berhasil pindah.

Jika artikel ini kurang jelas atau mungkin masih ada pertanyaan yang perlu di tanyakan, anda bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang terdapat pada akhir artikel ini. Untuk mudah mendapatkan notifikasi terkait artikel pada situs www.situsartikel92.com. Silahkan klik tombol ikuti pada bagian kanan atas dari artikel ini. Karena akan menyajikan berbagai artikel yang menarik.

Posting Komentar

0 Komentar